in

Harga Bawah Putih Naik Di Rohul, Imbas Wabah Corona?

PASIRPENGIRAIAN, riaubertuahnews.com -Pemerintah pusat telah melakukan penghentian impor barang tertentu. Hal ini ibas dari wabah virus corona yang tengah menjangkiti China. Wal-hasil, hal ini turut mempengaruhi naiknya harga bahan pangan, salah satunya bawang putih.

Di Kabupaten Rokan Hulu, harga bawang putih meroket tajam. Bahkan, Kenaikan harga terjadi lebig dari 100 persen. Jika biasanya harga bawang putih di tingkat pengecer dijual sekitar Rp 30 Ribu per kg, saat ini harganya sudah jauh meroket hingga mencapai Rp 65 hingga 70 ribu / kg.

Loading...

Syafrizal, salah seorang pedagang di pasar Modren pasirpengaraian mengatakan, kenaikan harga bawang putih sudah terjadi beberapa hari belakangan. kenaikan harga hampir terjadi di semua distributor baik dari Sumatera Barat maupun Sumatera Utara.

“Saya nggak lagi jual bawang putih sejak harganya naik tajam gitu, saya takut setelah beli harganya turun lagi sementara srok kita masih ada,” keluh Syafrizal kepada cakaplah.com Selasa (11/2) di pasar Modren Pasirpengaraian.

Di kalangan pedagang, kenaikan harga bawang putih ini diakibatkan karena wabah virus corona di cina, sehingga pemerintah terpaksa menghentikan sementara waktu impor barang-barang tertentu dari China termasuk bawang putih.

Namun, sebagian pedagang tidak lantas percaya terhadap hal itu. Menurut sebagian pedagang, kenaikan harga bawang putih itu merupakan akal-akalan dari spekulan nakal yang berupaya memanfaatkan kebijakan pembatasan impor produk asal China tertentu sementara waktu.

Disperidag tak tahu kenaikan harga bawang putih di Rohan Hulu ternyata luput dari pengamatan pemkab Rohul. Dinas Perindustrian dan perdagangan setempat mengaku tidak tahu meroketnya harga bawang putih yang terjadi di pasar-pasar Rokan Hulu.

“Naik ya? saya belum dapat laporan, biasanya kami langsung koordinasi dengan Pasar Modren sebagai pasar besar di Rohul, tapi beberapa hari terakhir ini kami belum menerima laporan terkait kondisi harga kebutuhan pokok itu” ujar Kabid perdagangan Rohul Ira Puspita SE, Selasa (11/2).

Meski demikian, Ira menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti informasi kenaikan harga bawang putih tersebut dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Ira mengakui jika dirinya akan segera ber koordinasi dengan Unit Tipiter Polres Rohul yang merupakan bagian dari Satgas pangan.(hrc)

Pelaku Penganiayaan di Hotel Mona Dikabarkan Anak Pejabat Rohil

Iwan Bule Pesankan Ini Usai Tinjau Stadion Utama